Fitur "Suara Rakyat" DPRD Tuban Berbasis Online, Ini Fungsinya
- 10 September 2025 18:29
- Heri S
- Kegiatan Pemerintahan,
- 27
Tubankab- DPRD Kabupaten Tuban memiliki website resmi yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui https://dprd-tuban.go.id yang di dalamnya ada fitur "Suara Rakyat".
Sekretaris DPRD Tuban, Sri Hidajati saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, dalam website yang telah dibuat sejak 2017 dan launching pada 2018 itu, di dalamnya terdapat fitur Suara Rakyat.
"Fitur itu sebagai fasilitas saluran masyarakat untuk bisa menyampaikan aspirasinya kepada DPRD Tuban," ucapnya, Rabu (10/09).
Bu Cicik- sapaannya- menerangkan, fitur tersebut dilatarbelakangi saat ini masyarakat telah familier dengan dunia internet dan teknologi informasi, sehingga perlu memfasilitasi bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi.
"Masyarakat mungkin ada yang sungkan atau malu jika menyampaikan langsung, jadi kita fasilitasi melalui wadah Suara Rakyat itu," timpalnya.
Diterangkan dia, proses validasi bagi masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi di fitur Suara Rakyat cukup mencantumkan nama, email, nomor hp, pesan yang ingin disampaikan, file atau suara yang dapat dipertanggung jawabkan keabsahan identitasnya.
"Dari situ nanti kita akan teruskan kepada komisi yang membidangi. Namun, aspirasi yang bersifat aduan atau kejadian yang dapat dipertanggung jawabkan itu yang akan ditindaklanjuti," jelasnya.
Ia juga mengaku, adanya fitur Suara Rakyat berbasis online ini belum optimal, meskipun pihaknya telah beberapa kali melakukan sosialisasi kepada masyarakat.
"Masyarakat lebih sering memilih cara konvensional, baik bersurat ke DPRD atau menyampaikan aspirasi langsung kepada 50 anggota dewan saat jaring aspirasi di daerah pemilihan masing-masing," seru Bu Cicik.
Dari datanya, pada 2025 ini sudah ada 12 aduan yang masuk melalui fitur Suara Rakyat, di antaranya terkait dengan hal yang perlu ditindaklanjuti dengan jawaban (bersifat pertanyaan), ada juga terkait dengan masukan, dan aduan yang bersifat membutuhkan tindak lanjut hearing. Dan ia memastikan semua aspirasi sudah ditindaklanjuti, baik melalui jawaban maupun digelarnya rapat kerja anggota dewan.
"Harapannya melalui pemberitaan ini banyak masyarakat yang dapat memanfaatkan fitur Suara Rakyat sebagai wadah aspirasi berbasis online dan pasti ditindaklanjuti sesuai bidang tugas komisi-komisi di DPRD Tuban," pungkas dia. (chusnul huda/hei)